Beranda Hukum FRI-WP Mengecam Atas Pembungkaman Ruang Demokrasi

FRI-WP Mengecam Atas Pembungkaman Ruang Demokrasi

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Peristiwa pembungkaman ruang demokrasi dan tindakan represif bukan baru kali ini terjadi namun, sudah beberapa kali terjadi disaat massa aksi dari Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP) di Malang melakukan aksi demonstrasi damai.

Hal tersebut di sampaikan Jubir Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP) Surya Anta Ginting saat Konferensi Pers Gedung YLBHI Jakarta, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/19)

Menurut Surya, Aksi demontrasi damai merupakan implementasi dari hak menyampaikan pendapat, berkumpul dan berkespresi yang dimana telah diatur dalam UUD 1945 pasal 28E ayat 3 dan UU Nomor 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan berpendapat di muka umum dan juga UU nomor 12 tahun 2005 tentang pengesahan konvenan internasional tentang hak sipil dan hak politik.

Sekalipun demikian faktanya aparat Polresta Kota Malang dan ormas berpakaian sipil telah melanggar ketentuan hukum yang berlaku. Selain aparat Polresta Kota Malang yang melakukan tindakan berlebihan juga, melanggar Peraturan Kepala Kepolisian RI (Perkap) no 1 tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian.(Dirga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here