Beranda Hukum Forum Penyebaran Bibit Kota Ramah HAM

Forum Penyebaran Bibit Kota Ramah HAM

0
BERBAGI

Radarkotanews.com – Senior Program Officer for Human Rights & Democracy Iinternational NGO Forum on Indonesian Development (INFID), Mugiyanto‎ mengatakan, forum ini diharapkan akan menjadi penyebaran bibit kota ramah HAM (Human Rights city) ke seluruh pelosok negeri.

“Hal ini harus diupayakan, bukan untuk tiba-tiba menjadi gerakan yang besar namun untuk dimulai dan dibesarkan,” kata Mugiyanto dalam konferensi pers terkait dengan penyelenggaraan Konferensi Nasional Kota/Kabupaten HAM di Indonesia, Jakarta, Minggu (22/11/2015).

Menurut Mugianto, konferensi itu diharapkan juga akan menghasilkan dokumentasi proses dan hasil pembelajaran dalam pengimplementasian kabupaten/kota ramah HAM di Indonesia dan di dunia. 

Selain itu, panduan pengimplementasian perlindungan dan pemenuhan HAM oleh Pemerintah Daerah, keluarnya draf panduan dan standar kabupaten/kota ramah HAM, dan terbentuknya forum kabupaten/kota HAM.

Dia menambahkan, konferensi yang kedua itu bertajuk mempromosikan pelaksanaan HAM oleh Pemda. Dan akan dibuka dengan pidato kunci oleh Menteri‎ Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil. Dalam Forum komunikasi ini nantinya semua pihak boleh memberikan masukan.

Mugiyanto membeberkan bahwa, sejumlah tokoh dan kepala daerah Sekarang sudah berani mendeklarasikan diri sebagai kota ramah ham, seperti Palu, Batang, Bojonegoro, Bandung, Makassar, Surabaya, Wonosobo, Bantaeng, DKI Jakarta, Solo dan Banyuwangi.
Sementara di Wonosobo sendiri, dari  hasil pertemuan dengan Elsam, KomnasHam, Ikohi akhirnya pemerintah daerah setempat siap melanjutkan penyelesaian masalah 65.(SA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here