Beranda Ekonomi PHK Massal Kembali Terjadi di PT XL Axiata, Ini “Zaman Now” Banyak...

PHK Massal Kembali Terjadi di PT XL Axiata, Ini “Zaman Now” Banyak Pengangguran 

158
0
BERBAGI

RadarKotaNews – Presiden KSPI, Said Iqbal mengatakan bahwa Tahun 2018 ini Perekonomian Indonesia tidak lebih baik dari tahun sebelumnya, ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi kita yang hanya 5%.

“Dari data tersebut akan berakibat terjadinya kembali PHK diberbagai sektor.”ujar Said saat Konprensi pers “Menyikapi PHK Massal dan dugaan pemberangusan Serikat pekerja di PT XL Axiata.” di Kantor KSPI, Gedung SPMI Jalan Pondok Gede Kramat jati Jakarta Timur, Jumat (05/01).

Oleh karena itu Said berpesan, tetap optimis dan tetap akan bersama Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, akan tetapi kita berharap agar Pemerintah tidak berbohong akan data tsb.

Harapan kita Pemerintah harus terus meningkatkan daya beli masyarakat sehingga ancaman PHK akan berkurang.

“Kurangi pembangunan infrastruktur yang berlebihan yang kesannya untuk pencitraan menuju Pemilu 2019.”tegas Said.

Selain itu, Kita juga mengingatkan kepada para pemilik modal agar jangan semena mena melakukan PHK sebelum ada kesepakatan dengan serikat buruh, dan kalau ini terjadi kita akan menduduki sektor tersebut.

Ditempat yang sama Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia), Mirah Sumirat mengatakan, Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia sebagai Induk organisasi dari Serikat Pekerja XL Axiata meminta Direktur Utama PT XL Axiata untuk tidak lagi melakukan PHK massal dan Sepihak kepada pekerjanya.

“Direksi PT XL Axiata juga patut diduga telah melakukan upaya pemberangusan serikat pekerja (union busting) terhadap keberadaan serikat pekerja yang ada di XL Axiata.”katanya.

Mirah menilai, PT XL Axiata melakukukan transpormasi organisasi dengan alasan persaingan bisnis dan perubahan ke era digital yang terjadi pada industri Telekomunikasi di Indonesia.

“Hal tersebut adalah salah satu dampak dari transpormasi organisasi ini adalah PHK Massal Karyawan.”terangnya.(Adrian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here