Beranda Ekonomi Harus Ada Solusi Agar Nelayan Bisa Hidup Layak

Harus Ada Solusi Agar Nelayan Bisa Hidup Layak

26
0
BERBAGI

RadarKotaNews – Ketua Tim Kajian IPB, Nimmy Zulbainarni berharap di sektor kelautan dan perikanan harus memberikan peran positif. Sebab kita menciptakan lapangan kerja, namun kebijakan penggantian sistem alat tangkap ini akan mengakibatkan pengangguran meningkat.

“Jika pemerintah tetap ingin mengganti sistem alat tangkap, harus memperhatikan dampak ekonomi dan sosialnya.”ujar Nimmy dalam diskusi terbuka dan sidang istimewa bertajuk “Menuju Legalisasi Cantrang Secara Nasional” yang digelar oleh Aliansi Nelayan Indonesia (ANI), DI Gedung Nusantara IV MPR/DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (29/11).

Sambung dia, Kalau memang nelayan ada data bahwa dengan penggunaan cantrang tidak akan berpengaruh pada kerusakan laut, bisa disampaikan saja datanya kepada kami untuk kami kaji.

“Kita bisa berdialog dengan baik dan mencari solusi dengan baik juga.”katanya.

Dikatakan Nimmy, Pemerintah harusnya bisa melakukan dialog dengan rakyat dan juga bisa menerima masukan-masukan dari rakyat serta akademisi untuk dicari solusinya.

“Jika ada kebijakan yang melibatkan publik, seharuanya ada sosialisasi terlebih dahulu. Jika cantrang dilarang maka pengangguran akan terjadi di mana-mana.”tegas Nimmy.

Ditempat yang sama Anggota Komisi IV DPR RI dari PKS, Hermanto, Persoalan nelayan memang persoalan yang pelik. Apalagi kita berhadapan dengan pembangunan yang mempersempit ruang tangkap dan aturan yang membatasi penangkapan dan alat tangkap.

“Seharusnya aturan itu memberikan peluang sebesar-besarnya bagi nelayan.”katanya

Kita berharap sebagai nelayan tentunya ingin mendapatkan suatu keadilan dalam mendapatkan penghasilan. Kami di Komisi IV, keberpihakan kami kepada nelayan sudah tidak bisa ditawar-tawar kami.

“Jiwa kami membela kepentingan nelayan, karena ini menyangkut masalah kehidupan anak bangsa. Negara harusnya tidak boleh menghilangkan mata pencaharian nelayan.”tegas Hermanto.

Menurutnya, Kalau ada aturan yang membatasi atau menghilangkan nelayan dalam mencari mata pencahariannya, harus ada solusi agar nelayan bisa hidup layak.

“Kita berharap dalam forum ini bisa dicari solusi Cantrang yang ramah lingkungan.”harapnya.(Adrian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here