Beranda Politik DPR RI Studi Banding Ke Inggris

DPR RI Studi Banding Ke Inggris

0
BERBAGI

Radarkotanews.com – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI akan berkunjung ke Inggris.

Menurut pengakuan Ketua MKD DPR RI, Surahman Hidayat, dirinya beserta koleganya yang berangkat ke Inggris untuk belajar bagaimana praktik mahkamah etik di negeri Tiga Singa itu.

“Masalah penegakan hukum ini menjadi semangat bersama bukan hanya DPR tapi juga DPRD Indonesia. Hasil seminar sudah dirumuskan. Ini akan lebih lengkap, kita perlu belajar dari pengalaman negara maju,” kata Surahman.

Dia menilai jika negara tertua dan maju adalah Inggris. Sehingga dia pun menugaskan tenaga ahli untuk membuat kajian negara mana yang dianggap paling tepat. Alternatif negaranya ada Inggris dan Kanada.

“Pilihannya ke Inggris. Sudah dikomunikasikan sejak tahun lalu. Sampai-sampai KBRI (London) nagih. Gimana ini, jangan main-main. Sebab kita komunikasikan dengan parlemen di sana. Mereka sudah siap, jangan malu-maluin lah. Saya bilang jadi, cuma pada masa sidang yang akan datang,” kata Surahman.

Menurutnya ini merupakan rencana yang ditunda. Studi banding, menurutnya, untuk mendapatkan lesson learning atas praktek mahkamah etik di Inggris. Contohnya ketika ada kasus etik yang terjadi dan laporannya ditarik, pasti akan ada langkahnya seperti apa di Inggris.

“Kenapa pilihannya Inggris, hasil kajian dan sudah dikomunikasikan. Dan di sana sudah nunggu-nunggu. Kalau tidak [pergi], pemerintah sana yang malu karena hubungan antarnegara kan. Jadi kita akan kita padatkan acaranya tanggal 25 April, sudah pertemuan official, 26, 27, mungkin ada sisa sedikit 28 April, lalu pulang. Standarnya seminggu,” kata Surahman.

Dirinya berjanji akan melaporkan hasil kunjungan kerjanya dari Inggris. Dia juga memastikan semua hasilnya akan dilaporkan secara terbuka. (Ip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here