Beranda Ekonomi Dies Natalis ke19, HMPI Dorong ASPEKSINDO melalui Atase Perdagangan KBRI – Spanyol

Dies Natalis ke19, HMPI Dorong ASPEKSINDO melalui Atase Perdagangan KBRI – Spanyol

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Dalam rangka Dies Natalis ke19, HMPI mendorong akses perdagangan UMKM Indonesia-Spanyol dalam sektor maritim. Melihat potensi pasar di spanyol dalam sektor maritim sangat tinggi, memungkinkan membuka kerjasama antar negara yang akan melibatkan Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir seluruh Indonesia (ASPEKSINDO).

Program ini sangat diapresiasi oleh atase perdagangan KBRI Sanyol, Elisa Rosma. Menurut beliau, upaya ini tentu sangat strategis melihat pasar spanyol dan eropa cukup bagus. Sebab kata dia, Konsumsi pangan hasil laut sangat digemari Spanyol dan sekitarnya. Apalagi jika didorong dengan sentuhan kreatifitas dan inovasi, akan sangat diminati oleh pasar eropa secara luas.

Riset pangan laut perlu di efektifkan sehingga dapat menghasilkan barang produksi bermutu tinggi. Disinilah peran HMPI untuk melakukan back-up pengetahuan dan pendampingan pasar modern melalui digitalisasi manajemen.

Indonesia sebagai anggota The Indian Ocean Rim Association (IORA) harus pandai melihat peluang ekonomi. Bukan sekadar menjadi penonton tapi mengambil peran untuk kesejahteraan masyarakat nelayan. Apalagi indonesia memiliki ASPEKSINDO yang didalamnya berhimpun daerah berbasis kepulauan dan pesisir.

Proses promosi potensi maritim harus digerakkan melalui perwakilan indonesia di Spanyol. Baik berupa pameran produk, festival, business matching maupun simposium. Karena tidak akan mungkin program kerjasama bisa jalan jika barang hasil produksi tidak dikenalkan dengan masyarakat spanyol.

Oleh: Andi Fajar Asti

Ketua Umum DPP HMPI / Direktur Eksekutif ASPEKSINDO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here