Beranda Nasional Buruh Optimis RPP Upah Rendah Bisa Dibatalkan

Buruh Optimis RPP Upah Rendah Bisa Dibatalkan

0
BERBAGI

Radarkotanews.com – Belum adanya kejelasan penetapan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) paket 4 yang didalamnya memuat sistem pengupahan buruh, membuat buruh bersemangat untuk terus menyuarakan penolakan.
Siang ini sekitar 1.500-an buruh yang bergabung dalam Komite Persiapan Konfederasi Persatuan Buruh indonesia (KP-KPBI) kembali berunjukrasa didepan istana negara, Jakarta, sabtu (24/10/2015).

Buruh menolak pemberlakuan RPP upah murah dan berharap RPP tersebut digantikan dengan RPP Upah Layak.
Apabila Pemerintah memaksakan RPP itu, buruh menilai rezim Jokowi – JK tidak ubahnya seperti rezim Orba. Ini berarti Pemerintah kembali menjadi rezim gagal karena lebih berpihak pada kalangan pemodal yang membuat buruh menjadi sapi perah.

Selama aksi berlangsung massa buruh yang hampir seluruhnya mengenakan seragam merah-hitam menutup jalan di depan istana negara (jl. Medan Merdeka Utara). Sehingga untuk saat ini arus lalulintas di jl.Medan Merdeka Utara arah Harmoni dan jl. Medan Merdeka Barat ditutup sementara. Namun untuk jl. Medan Merdeka Barat arus lalulintas tetap lancar baik dari arah Thamrin menuju Harmoni atau sebaliknya.
Peluang untuk menolak pemberlakuan RPP Upah Murah menurut aktivis buruh dari Politik Rakyat Budi Wardoyo masih terbuka selama belum ditandatangani/disahkan hingga tanggal 30 Oktober nanti.

“Jika RPP sudah ditetapkan sebelum November 2015, maka per 1 November 2015 RPP akan diterapkan. Karena itu buruh memakai tanggal aksi pada 30 Oktober 2015 untuk mendesak Pemerintah melakukan pembatalan pengesahan RPP,” ujar Roy ditengah-tengah aksi.(sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here