Bupati Tinjau Proyek Argo Wisata Distan Sula

RadarKotaNews, Kepsul – Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Hendrata Thes menyempatkan diri bersama rombongan meninjau Proyek Dinas Pertanian di Wainin-Sanana Utara, Kamis Sore (19/9). Beliau singgah pasca mengikuti acara Silaturahmi dengan Masyarakat Nelayan di Desa Malbufa.

Dalam keterangan singkatnya kepada media Hendrata Thes mengatakan,
“Jadi ini lokasi yang akan menjadi Argo Wisata Sula, Lahan kurang lebih 10 hektar ini nantinya akan menjadi Demplot Pertanian dan Perikanan, saya juga sudah arahkan semua dinas terkait untuk berkolaborasi disini, termasuk HKTI,” Ucap Bupati Sula yang juga merupakan Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) DPD Sula.

Lebih lanjut Hendrata Thes mengatakan, harus ada terobosan untuk mengubah pola tanam petani Sula, dari yang bersifat tradisional menjadi Konvensional dan Modern, untuk itu diharapkan Argo Wisata ini bisa menjawabnya dan akhirnya bisa mendorong sektor Pertanian dan Perikanan di Sula.

Argo Wisata ini sendiri nantinya akan menjadi Laboraturium Dinas terkait untuk mengadakan Demontration Plot (Demplot) yang bisa memberikan edukasi kepada Petani, Nelayan serta masyarakat umum di Kabupaten Kepulauan Sula.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kepsul Idris Ahmad Baguna yang berada di lokasi proyek mengatakan,
“Jadi nantinya Argo Wisata ini akan menjadi pusat Penelitian Pertanian dan Perikanan, Di tempat ini akan ada Padi Sawah, Ternak Ikan dengan System Mina Padi, serta berbagai Hortikultura Buah dan Sayuran, jadi berbagai aktivitas menyangkut Perikanan dan Pertanian akan ada disini, bahkan juga nanti direncanakan juga ada penjualan. Jadi selain masyarakat umum, khususnya Masyarakat Tani dan Nelayan datang Kita berikan Edukasi melalui Demplot-demplot tadi, akan ada juga jual-beli dari hasil tani dan peternakan di Lokasi Argo Wisata ini,” Beber Idris.

Sementara diinformasikan bahwa Pembangunan Argo Wisata diatas tanah Pemda Kepsul ini menggunakan Anggaran APBD. (RL)