BPD Sanana Tawarkan Kredit Konsumtif Bagi Anggota DPRD Terpilih

Fotho: Kepala BPD Malut, Syamsul Umar

Malut, RadarKotaNews – Dari sebagian Tamu Undangan Pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) pada Senin kemarin ada Marketing Credit Bank Pembangunan Daerah (BPD) Maluku-Malut Cab. Sanana Kepsul.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala BPD. Syamsul Umar Kepada awak media, Kamis (3/10).

“Iya, kebetulan Kami ada Promo untuk kredit konsumtif, bunga pengembalian menjadi lebih rendah sekitar 8%,” ucap Syamsul.

Lebih jauh Syamsul menjelaskan jika Kredit Konsumtif ini diberikan kepada individu atau perorangan, dan karena sifatnya konsumtif maka proses persetujuannya cenderung mempertimbangkan karakter calon Debitur dan kapasitas/kemampuan bayar.

“jadi sales marketing credit Kami menawarkan kepada Anggota DPRD yang baru, pada periode ini. Pada periode yang lalu juga ada yang mengikuti program kredit dari Bank Kami,” lanjut Syamsul.

Ketika ditanyakan siapa saja Anggota DPRD periode lalu yang mengajukan kredit konsumtif, Syamsul keberatan menjelaskan karena menjaga kerahasiaam Nasabah dan juga sudah selesai proses pengembaliannya.

Secara terpisah Ricardo Hongarta Anggota DPRD asal partai Demokrat, ketika dimintai komentarnya terkait hal ini mengatakan.

“Kepada teman-teman silahkan saja, hal ini kan juga tidak dilarang. Namun untuk pribadi saya, kebetulan saya belum membutuhkan,” ucap Ricardo Singkat.

Sementara itu Syamsul Umar Ka. BPD Maluku-Malut Cab. Sanana juga menjelaskan bahwa proses kredit relatif mudah, hanya proses BI Checking yaitu mencari data Informasi Debitur Individual (IDI).

“Prosesnya sangat mudah, dan pembayarannya juga melalui potongan langsung pada gaji bulanan,” tutup Syamsul Umar.

Diketahui bahwa untuk Anggota DPRD, pengembalian kredit disesuaikan dengan masa Bhakti, dan pemotongan secara otomatis dari pendapatan atau gaji bulanan. (RL)