BJ Habibie Dikebumikan Tepat di Samping Makam Istrinya

RadarKotaNews – Almarhum Presiden Ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, Kamis (12/9) dimakamkan di Taman Makam Pahalawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Posesi pemakaman Habibie di TMP Kalibata dilakukan secara militer dan dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai inspektur upacara.

Habibie dikebumikan tepat di samping makam istrinya, Hasri Ainun Besari. Pusara keduanya menempati slot nomor 120-121, blok M.

Pemakaman Habibie ini menjadikannya presiden pertama yang dimakamkan di TMP Kalibata. Tiga presiden sebelumnya yang telah wafat tidak dimakamkan di TMP Kalibata. Mereka dimakamkan di daerah kelahiran maupun di tempat keluarganya masing-masing.

Presiden RI ke-1 Sukarno yang meninggal pada 21 Juni 197 dimakamkan di Blitar, Jawa Timur. Kemudian Presiden Ri ke-2 Soeharto dimakamkan di Astana Giribangun tepatnya di lereng Gunung Lawu, Karanganyar, Solo, Jawa Tengah. Ia dimakamkan bersama almarhum istrinya Siti Hartinah atau Tien Soeharto serta kedua orangtua Tien.

Dan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur meninggal dunia pada 27 Januari 2008. Ia dikebumikan di kompleks Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.