Beranda Olah Raga Belajar Manajemen Sepakbola di Madrid

Belajar Manajemen Sepakbola di Madrid

94
0
BERBAGI

RadarKotaNews, Madrid – Hari ini, saya berkunjung di Stadion Santiago Bernabeu milik Real Madrir FC. Saya pikir indonesia perlu belajar manajemen sepakbola disini. Segudang prestasi Real Madrid prosesnya tidak mudah. Perlu kerja serius untuk mencapai semua itu.

Keseriusan membangun olahraga sepakbola di Madrid bukan sekadar sarana olah tubuh. Tapi bagi madrid, sepak bola adalah industri yang menggiurkan.
Mainset ini yang menciptakan sepakbola profesional tumbuh dan dicintai. Karena jaminan hiburan yang bergaransi dan keindahan memainkan sikulit bundar membuat penonton betah dan terpuaskan.

Jadi jangan heran, jika penonton rela membayar mahal untuk sebuah pertandingan.”

Coba kita hitung keuntungan penjualan tiket. Harga tiket untuk partai biasa di Santiago dengan tribun ekonomi mencapai 40 euro dan VIP 85 euro. Jika dikalikan dengan jumlah penonton yang mencapai 85.000 orang, maka kira-kira nilai tengahnya 5.100.000 euro. Jika di konversi ke Rupiah bisa mencapai 90M lebih.

Ingat, hitungan diatas untuk pertandingan biasa. Perlu di ketahui, Harga tiket sangat di tentukan oleh gengsi pertandingan. Misalnya untuk derbi madrid dan Elclasico tentu harganya bisa selangit. Bocoran harga tiket derbi madrid putaran kedua laliga itu paling rendah 85euro dan vip 550euro. Nah, Keuntungan hasil penjualan tiket Silahkan hitung sendiri….

Pertanyaan kemudian, kapan Indonesia bisa mendekati profesional dengan paradigma bola yang berkualitas? Jauhkan dari KKN dan pengaturan pertandingan yang melibatkan elit club.

Dan parahnya lagi, sepakbola indonesia telah menjadi komoditas politik hehehe…maafkan daku, liga indonesia tahun lalu ditutup sarat pengaturan dan kontroversi. Padahal sudah ditangani sekelas Jenderal bintang 3. Smoga Liga Indonesia yang sudah mulai di gelar minggu ini bisa menjadi hiburan yang berkualitas di tengah oase Pilkada yang menegangkan.

Gracias
HalaMadrid

Madrid, 25 Maret 2018

Cityzen Reporter
Andi Fajar Asti
Ketua Umum DPP HMPI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here