Beranda Internasional Bekas PM Malaysia Najib Razak Penuhi Panggilan KPK

Bekas PM Malaysia Najib Razak Penuhi Panggilan KPK

165
0
BERBAGI
Bekas PM Malaysia Najib Razak/Ist
alterntif text

RadarKotaNews – Bekas Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak memenuhi panggilan komisi anti korupsi Malaysia, di Kuala Lumpur, Selasa (22/5/18).

Kedatangan, untuk menjelaskan transfer dana mencurigakan sebesar 10,6 juta dolar AS ke rekeningnya.

Jumlah tersebut, hanya sebagian kecil dari milyaran dolar AS yang diduga dikorupsi dari pengelola dana pensiun nasional 1MDB.

Seperti dikutip dari reuters, saat tiba di kantor pusat komisi anti korupsi, Najib memasuki gedung MACC sambil melewati kerumunan wartawan. Najib terlihat santai dan tersenyum.

Najib sendiri sudah berulang kali membantah telah melakukan tindakan pelanggaran hukum sejak skandal 1MDB meruak pada 2015 lalu.

Najib mengatakan bahwa dana sebesar 681 juta dolar AS yang didepositokan ke rekening pribadinya merupakan sumbangan dari seorang keluarga kerajaan Arab Saudi, dan membantah dugaan kalau uang tersebut berasal dari 1MDB.

Sejak tidak lagi berkuasa, Najib besarta istrinya, Rosmah Mansor yang dikenal gila belanja itu, tidak bisa lagi meninggalkan Malaysia.

Selain itu, rumah serta properti lainnya juga digeledah polisi.

Terkait kasus ini, pemerintah Amerika Serikat sudah mengajukan gugatan penyitaan pada 2016 dan 2017 lalu, untuk mengembalikan aset senilai 1,7 milyar dolar AS yang diduga dikorupsi dari 1MDB.

Gugatan ini menilai bahwa uang senilai lebih dari 4,5 milyar dolar AS telah dicuci dari 1MDB melalui sebuah jaringan perusahaan cangkang di Amerika Serikat dan sejumlah negara lain. [mel]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here