Badan Relawan Nusantara Menolak Sutiyoso Sebagai Kepala BIN

Radarkotanews.com – Ketua Komnas HAM Natalius Pigai mengatakana Pencalonan sutiyoso pastinya akan mempengaruhi kinerja Badan Intelijen Negara (BIN).”Katanya. Soal ini penting bagi saya, trackrecord sutiyoso terkait dengan kudatuli, timor leste dsb nanti akan dibuat komnasham dalam pernyataan tertulisnya.

“Masuknya militer kedalam sipil akan sangat mengganggu dan ini yang perlu kita waspadai. Sebab kami sudah mengamati hal ini sejak lama.”Ungkap  Natalius Pigai dalam sebuah diskusi yang bertajuk “Menolak Sutiyoso Sebagai Kepala BIN” di Hotel Megapro jakarta pusat Minggu (21/6).

Sementara itu, Indikasi masuknya militer/tentara ke dalam rakyat sipil, apalagi dengan adanya tokoh agama dan militer yang masuk kedalam istana bersama jokowi. Kalangan intelijen harus teliti akan hal ini.” Selain itu, Sutiyoso memang punya banyak catatan pelanggaran.

Lanjut Natalus, Seandainya dia punya catatan tersendiri, apakah nantinya dia bisa membantu presiden? Pemerintah memang ingin mendorong pelanggaran ham masa lalu dengan rekonsiliasi dan peradilan, tapi apakah BIN bisa netral dalam hal ini?

Sementara di tempat yang sama, Badan Relawan Nusantara, Eky Tarigan mengatakan, Sejak awal saya tidak setuju kalo perubahan negara ini dilakukan dengan reformatif. “Perubahan negara yang sudah direduksi dengan sesuatu yang mengatasnamakan pemilu tapi juga tidak menghasilkan kesadaran masyarakat untuk membentuk suatu kekuatan baru namun faktanya tidak muncul.”

Menurut Eky, Pemilu kemarin mau tidak mau tidak bisa ditolak, karena rakyat Hanya dimunculkan pada dua nama yaitu jokowi or prabowo.” Sementara itu,
Saya pura-pura jadi timses calon dan saya tahu jokowi akan menang saat itu.

“Dia bisa bersikap begitu lemah lembut dan mudah diatur. Anehnya teman-teman saya yang relawan juga ikut.
Rakyat butuh figur untuk mengimbangi kekuatan rezim suharto. Kalo teman-teman sudah dijanjikan jabatan komsaris dsb, maka saya akan membunuhnya. Tapi sayang tuhan tidak mengizinkannya.”Ungkapnya

Jika sutiyoso jadi kaBIN maka semua kasus pelanggaran ham akan hilang dan PKPI pada pemilu mendatang akan besar suaranya. Saya ikut bergabung dalam surat petisi nanti.”Pesannya.(Id)