Ponpes As-Suniyah Jember Tawarkan Beasiswa Kepada Calon Santri di Sula

Kepsul, RadarKotaNews – Salah Seorang pengasuh Pondok Pesantren As-Suniyah Jember-Jawa Timur KH. Ahmad Sadid Jauhari menawarkan beasiswa bagi para santri dan santriwati asal daerah kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Maluku Utara, yang mau memperdalam ilmu Agama Islam/ nyantren di Pondok Pesantren yang diasuhnya.

Hal ini diutarkan Kyai dalam lawatannya ke Sula dalam rangka menandatangani MOU (memorandum of understanding) antara Pondok Pesantren As-Suniyah dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kepsul melalui bagian Kesejahteraan Masyrakat (Kesra) dalam kerja sama Pengembangan Agama Islam melalui masjid sebagai central peribadatan umat Islam. Acara ini digelar di ISDA (Istana daerah), Sabtu Pagi (12/10).

Dalam sambutannya KH. Ahmad Sadid Jauhari mengatakan, “Kami membuka diri untuk para calon Santri dan Santriwati putra-putri dari Sula yang berkeinginan masuk pesantren Kami namun tidak mempunyai kemampuan, berasal dari Fakir, Yatim dan Piatu maka kami memberikan beasiswa, gratis biaya pendidikan, pemondokan dan bebas biaya makan serta minum dan lainnya,” ucap Kyai yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Sementara dalam kegiatan Penandatanganan MOU hadir pejabat lingkup Pemda Kepsul seperti Assisten I Setda Drs. Umar Umabaihi mewakili Bupati Kepsul, Ketua MUI Kepsul Abd. Rahman Kharie, ada juga KASI Bimas Islam Kemenag Kepsul Bobi Fahrudin, kemudian Kasat Bimas Polres Kepsul AKP Sukarno serta para Pimpinan OPD Kepsul.

Dalam keterangan Persnya, Kabag Kesra Kepsul Haryono Subiyanto menilai bahwa ini adalah kesempatan bagus mengingat Sula memang perlu lebih banyak lagi Ulama yang bisa mengaplikasikan ilmunya ke Masjid-masjid didaerah Kepulauan Sula.

“Ini sangat berbanding lurus dengan upaya kita mencetak generasi ulama, karena kalo di Sula sendiri untuk sarjana yang lain sudah banyak, dengan berbagai disiplin ilmu, mungkin yang sarjana ulama yang perlu lagi kita perbanyak,” beber kabag Haryono.

Haryono juga mengatakan jika Daerah Kita ingin menjadi daerah yang “Baldatun Thoyibatun Wa Robbun Gofur…” maka kuncinya ada di Ulama, Ulama yang di Cintai umatnya, insha Allah Negara dan Daerah kita akan menjadi aman, makmur dan sejahtera, tutup Kabag Kesra Haryono Subiyanto. (RL)