Beranda Nasional 8 Rekor Dunia Yang Berhasil Dipecahkan Oleh Kegiatan Jamnas X Tahun 2016

8 Rekor Dunia Yang Berhasil Dipecahkan Oleh Kegiatan Jamnas X Tahun 2016

0
BERBAGI

Radarkotanews.com, Jakarta – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka memecahkan delapan rekor dunia dalam kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) X Tahun 2016. Rekor ini dikeluarkan oleh Record Holders Republic (RHR), lembaga yang didirikan oleh Dean Gould  pada tahun 2001.

Penyerahan piagam penghargaan diserahkan oleh perwakilan RHR kepada Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, pada malam penutupan kegiatan Jamnas X Tahun 2016, di Lapangan Utama, Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur – Jakarta, Sabtu (20/8/2016). 

Berikut 8 rekor dunia yang berhasil dipecahkan oleh kegiatan Jamnas X tahun 2016 yang diselenggarakan di Cibubur, Jakarta sejak tanggal 14 Agustus 2016 : 

Pertama, The Most ATAS Scouts Gathering. Rekor ini diberikan karena sebanyak 1.500 ATAS Scouts (Association of Top Achiever Scouts) menghadiri gathering yang diselenggarakan dalam Jamnas Tahun 2016.

Kedua, The Most Garuda Scout Inauguration. Rekor ini diberikan karena sebanyak 1.500 Pramuka Garuda Indonesia berkumpul dalam Jamnas 2016. 

Ketiga, The Most Traditional Food Cooked by Scouts. Rekor diberikan karena sebanyak 2.200 makanan tradisional Indonesia disajikan dalam Jamnas 2016, yang dibuat oleh 514 kontingen dari berbagai area di Indonesia.

Keempat, The Most Alumnus. Rekor ini diberikan pada pertemuan alumni Pramuka terbesar, yaitu sebanyak 1.000 anggota senior Pramuka dari tahun 1973 sampai tahun 2015.

Kelima, The Most Archway. Rekor ini diberikan karena dalam Jamnas 2016 dibangun 1.100 gapura tradisional, minimal berukuran 2 meter x 1 meter selama 6 jam yang dilakukan 17.200 Pramuka Penggalang. 

Keenam, The Most Traditional Fashion Ceremony. Rekor ini diberikan karena sebanyak 17.200 Pramuka Penggalang menampilkan 1.028 macam pakaian tradisional Indonesia dari seluruh daerah. 

Ketujuh, The Most Scouts on Carnival. Rekor ini diberikan karena sebanyak 17.200 Pramuka Penggalang mengikuti karnaval menggunakan baju-baju daerah.

Kedelapan, The Cleanest Scout Camp and Separate Garbage Orderly in Event National Jamboree X 2016. Rekor ini diberikan karena Jamnas berhasil menjadi kemah terbersih serta menyediakan tempat sampah yang terpisah.

Bagi Kwartir Nasional (Kwarnas) delapan rekor internasional tersebut jelas merupakan suatu prestasi yang luar biasa. Jambore nasional adalah pesta kegiatan pramuka penggalang se Indonesia sebagai wahana untuk merajut persaudaraan dan persahabatan.
Bagi Ketua Kwarnas, Adhyaksa Dault, Pramuka merupakan pemersatu generasi masa depan Indonesia sehingga ketika ada perbedaan pendapat ketika dewasa nanti, mereka ingat pernah dipertemukan dalam satu bumi perkemahan.

Jambore Nasional, ajang akbar yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka setiap lima tahun sekali. Pada pelaksanaan Jamnas X tahun 2016 yang digelar mulai tanggal 14 hingga 20 Agustus 2016 ini, secara khusus mengambil tema : “Keren, Gembira, Asik”. Terkait dengan tema itu Presiden RI, Joko Widodo dalam Upacara Pembukaan Jamnas X yang berbarengan dengan Peringatan Hari Pramuka sempat menegaskan, bahwa  Moment Jamnas Gerakan Pramuka bisa menciptakan generasi muda yang serba asik. Presiden bahkan berpesan agar anak-anak Pramuka harus mempersiaokan diri menjadi generasi muda yang kuat, tangguh, dan berdaya juang tinggi. Yang tidak takut bersaing dan tidak mudah menyerah, namun menjadi generasi muda yang cinta sesama, rela menolong, dan tetap santun.

“Saya juga ingin mengajak gerakan Pramuka untuk senantiasa mengikuti perkembangan teknologi yang pesat, dan bisa memanfaatkan kemajuan teknologi secara tepat, ” Himbau Presiden Jokowi.

Menyikapi perkembangan teknologi, Presiden juga mengingatkan semua kalangan agar media sosial (medsos) tidak digunakan untuk hal yang tidak produktif apalagimuntuk mencela, menjelekan orang lain. (SA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here