Berdialog Dengan Nelayan Desa Malbufa Bupati Soroti Penggunaan Dana Desa

RadarKotaNews, Kepsul – Dalam Acara Silaturahmi dan berdialog dengan Masyarakat Nelayan Desa Malbufa-Sanana Utara (19/9), Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Hendrata Thes menyoroti penggunaan Dana Desa.

“Dana Desa adalah milik masyarakat Desa, penggunaannya harus jelas. Untuk itu Desa harus punya RPJMDES, yang menginduk pada RPJMD sedang Kami membuat RPJMD juga memperhatikan RPJMN sehingga terjadi sikronisasi,” beber Bupati.

Lebih lanjut Hendrata Thes mengatakan bahwa sekitar 40-45% Dana Desa itu diperuntukan bagi pemberdayaan, sehingga perimbangan Pembangunan Fisik dan Infrastruktur dibarengi juga dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Masyarakat Desa sehingga tercipta peningkatan ekonomi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Pemda sudah berupaya semaksimal mungkin untuk meminimalisir masalah-masalah dan kebutuhan di tingkat Desa, namun harapan Kami Desa juga harus aktif, melalui Dana Desa, sehingga bisa tercipta kemandirian masyarakat Desa. Dana Desa memang langsung dari Pusat dari Bapak Presiden, namun eksekutornya ada di tingkat Desa, Kami Pemda berkewajiban untuk mengawasi. Sehingga bisa maksimal penggunaannya, karena percuma jika ada uang namun tidak tepat sasaran penggunaannya maka tidak ada manfaatannya,” tutur Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa peningkatan pembangunan Desa Malbufa cukup pesat, perbaikan diberbagai sektor juga sudah mulai terlihat, seperti sudah tidak ada banjir didalam Desa akibat meluap Air Laut atau debit Air Hujan kemudian juga sudah teradopsi pergub tahun 2019 mengenai sanitasi, Desa Malbufa sudah ada program pipanisasi untuk menghadirkan air bersih ke rumah-rumah penduduk.

Dalam Kesempatan tersebut Hendrata Thes atas nama Pemda Kepsul juga menyerahkan bantuan 1 Unit Body Fiber berikut mesinnya guna mendukung usaha rompong Ikan Kelompok Nelayan Desa Malbufa.

Sementara itu dari Pemerintah Desa dalam acara Silaturahmi ini diwakili oleh Sekretaris Desa, dalam kesempatan ini Sekdes Malbufa Safrudin Kedafota mengatakan,
“Banyak yang sudah diberikan Bupati dan Pemda Kepsul kepada Kami Masyarakat Desa Malbufa, yang baru-baru ini adalah Talud dan Penyediaan Air Bersih,” terang Sekdes.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dis KP) kepsul membagikan secara simbolis Kartu Asuransi Nelayan, yang nanti nya akan berguna sebagai jaminan kesehatan, kecelakaan dan kematian bagi masyarakat Nelayan Desa Malbufa. Dalam Keterangannya Kadis KP Kepsul Adam Umasugi mengatakan,
“Pembentukan Kelompok-kelompok Nelayan Desa Malbufa diharapkan bisa mengembangkan Potensi Nelayan itu sendiri. Terkait Kartu Asuransi Nelayan, ini merupakan Program Kementrian KKP, jadi bukan hanya berlaku di Desa Malbufa namun bisa kepada semua Nelayan di Kepsul untuk masuk dan mengikuti Program ini,” ungkap Adam Umasugi.

Lebih lanjut Kadis KP Kepsul berjanji akan menindak lanjuti segala permasalahan dan keluhan Nelayan yang disampaikan pada acara silaturahmi dan dialog pada hari ini. (RL)