Beranda Nasional 1.354 Jiwa Mengungsi Dari Banjir Di Konawe Utara & Ratusan Rumah Terendam...

1.354 Jiwa Mengungsi Dari Banjir Di Konawe Utara & Ratusan Rumah Terendam Banjir Di Kota Ambon

0
BERBAGI

Radarkotanews.com, jakarta – Hujan lebat yang turun sejak Kamis (14/7/2016) hingga Sabtu dini hari telah menyebabkan sungai-sungai meluap sehingga banjir di Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara pada Sabtu (16/7/2016) pukul 04.00 Wib. Sebanyak 12 desa di tiga kecamatan terendam banjir setinggi 1-2,5 meter. Sekitar 735 rumah terendam banjir. Sebanyak 1.354 jiwa mengungsi ke rumah dinas Bupati Konawe Utara dan sebagian di sekolahan.

Daerah-daerah yang terendam banjir meliputi Kecamatan Andowia (Kel. Andowia, Ds. Anggolo Hipo, Ds. Puusuli, Ds. Labungga, Ds. Anggomate, Ds. Laronanga, Ds. Larobende, Ds. Puuwonua, Ds. Almolameh, Ds. Lamundowo, Ds. Banggarema, Ds. Lahembua), Kecamatan Asera (Kel. Wanggudu, Ds. Puuwanggudu, Ds. Wanggudu Raya, Ds. Tapuhuatu), dan Kec. Lasolo (Ds. Otole, Kel. Tinobu).

BPBD Kab. Konawe Utara bersama TNI, Polri dan SKPD masih di lapangan untuk melakukan evakuasi warga dan pendataan kerusakan. Bupati Kab. Konawe Utara sudah turun ke lokasi untuk melihat perkembangan dan memberikan arahan penanganan bencana. BPBD Kab. Konawe Utara mendirikan 2 pos pengungsian, tenda posko, distribusi makanan dan layanan kesehatan. 

Sebagian banjir sudah surut namun di bagian hulu sungai masih mendung dan berpotensi hujan. Sungai-sungai masih meluap seperti Sungai Anggomate, Lalindu, Lasolo, Lahembua dan sungai-sungai kecil lainnya sehingga dapat banjir kembali.

Sementara itu, banjir dan longsor juga terjadi di Kota Ambon Provinsi Maluku pada Sabtu (16/7/2016) pukul 04.00 WIT. Banjir menggenangi ratusan rumah di Kecamatan Sirimau dan Kecamatan Laitimu Selatan Kota Ambon. Tiga rumah rusak akibat longsor. BPBD Kota Ambon bersama BPBD Prov Maluku, TNI, Polri, Basarnas, PMI, SKPD dan relawan melakukan evakuasi dan penanganan darurat. Pendataan masih dilakukan.(sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here